-->

√ Portal Pembelajaran Rumah Belajar


Portal Pembelajaran Rumah Belajar
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar

Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) telah membuat dan mengembangkan Rumah Belajar sejak tahun 2011 sebagai salah satu portal pembelajaran berbasis web, yang berisi berbagai layanan pembelajaran, seperti Kelas Maya, Lab Maya, Sumber Belajar, dan Peta Budaya. Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi milik Kemendikbud yang dapat diakses dengan alamat URL http://belajar.Kemendikbud.go.id. Portal ini menyediakan berbagai fasilitas komunikasi serta interaksi antarkomunitas pendidikan, bahan belajar untuk pendidik dan peserta didik, banking concern soal, dan konten-konten budaya dengan harapan fitur-fitur tersebut dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh pendidik, peserta didik, dan masyarakat umum untuk belajar serta dalam kegiatan pembelajaran.
Rumah Belajar sebagai salah satu sistem pembelajaran interaktif diharapkan akan mempercepat penguasaan materi peserta didik sehingga meningkatkan kualitas peserta didik. Rumah Belajar sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran (SPM) atau Learning Management System (LSM) bermanfaat untuk meningkatkan standar proses pembelajaran dalam rangka memaksimalkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Peningkatan penggunaan sistem ini semakin terbuka peluangnya karena adanya tuntutan pendidikan yang harus terintegrasi dengan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK). Melalui Rumah Belajar dapat dilakukan pengelolaan materi pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berbasis web. Kelebihan sistem ini adalah membuka peluang belajar kepada peserta didik dengan waktu yang lebih panjang dan lebih leluasa, meningkatkan interaksi peserta didik dengan pendidik tidak hanya terbatas pada jam sekolah.
Secara lengkap, Rumah Belajar terdiri atas delapan fitur utama, sebagai berikut:

1. Sumber Belajar

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar

Fitur Sumber Belajar merupakan salah satu layanan fitur yang tersedia dalam portal Rumah Belajar. Layanan ini diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dan guru di sekolah. Selain menyediakan berbagai materi pengetahuan jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK juga menyediakan sarana evaluasi belajar secara online.
Layanan ini memberikan alternatif media pembelajaran berbahasa Republic of Indonesia yang sesuai dengan tuntutan perkembangan TIK. Saat ini media pembelajaran berbasis spider web yang berbahasa Republic of Indonesia dalam dunia pendidikan Republic of Indonesia masih terbatas jumlahnya.
Sumber belajar memiliki fungsi yang strategis dalam pembelajaran, yakni (1) meningkatkan produktivitas pembelajaran, (2) memberikan kemungkinan pembelajaran yang lebih bersifat individual, (3) memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran, (4) lebih memantapkan pembelajaran dengan jalan meningkatkan kemampuan sumber belajar, penyajian informasi, dan bahan belajar secara lebih konkret, (5) memungkinkan belajar secara seketika, yaitu mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang konkret, serta memberikan pengetahuan yang bersifat langsung, dan (6) memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas dengan menyajikan informasi menembus batas geografis.

2. Buku Sekolah Elektronik (BSE)

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar

Buku Sekolah Elektronik (BSE) adalah inisiatif dari Kemendikbud yang bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektronik bagi tingkat pendidikan mulai SD, SMP, SMA, dan SMK. Kemendikbud melalui Pusat Perbukuan membeli hak cipta buku sekolah di berbagai jenjang pendidikan, kemudian buku tersebut diunggah ke website. Web BSE merupakan situs yang menyajikan buku dengan format .pdf yang dapat dibaca secara online atau dapat diunduh untuk kemudian dibaca secara offline. Buku-buku tersebut dapat diunduh dan diperbanyak oleh siapa saja secara gratis. Harapannya anak-anak Republic of Indonesia tidak lagi menghadapi masalah dalam membeli buku.

3. Bank Soal

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar


Fitur Bank Soal dikembangkan sebagai wadah bagi guru-guru untuk membuat soal dan berbagi kepada pengguna lain, serta melakukan evaluasi hasil belajar secara online. Evaluasi hasil belajar yang tersedia pada fitur Bank Soal, berupa latihan, ulangan, dan ujian. Latihan merupakan kumpulan soal-soal berdasarkan satu topik yang bersifat sebagai latihan serta pembahasan. Ulangan merupakan kumpulan soal-soal berdasarkan satu topik tertentu, sedangkan ujian merupakan kumpulan soal-soal dari beberapa topik yang berbeda.

4. Laboratorium Maya

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar

Laboratorium Maya adalah software komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan modeling peralatan komputer secara matematis yang disajikan melalui sebuah simulasi. Dengan kalimat lain, Laboratorium Maya merupakan bentuk tiruan dari sebuah laboratorium rill yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran atau penelitian secara ilmiah guna menekankan sebuah konsep atau mendalami konsep tertentu. Laboratorium Maya bukanlah pengganti tetapi bagian dari laboratorium riil yang digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada. Di sisi lain, dimungkinkan pula bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki laboratorium secara fisik menerapkan laboratorium virtual.
Pemodelan adalah suatu proses membangun representasi. Modeling digunakan untuk memperbaiki kekurangan pada proses pembelajaran yang mengedepankan metode ceramah dan latihan soal, karena pada prinsipnya modeling digunakan dengan mengajak peserta didik dalam mendesain secara fisik yang diperlukan dalam proses untuk menggambarkan, menjelaskan, dan memprediksi sebuah fenomena.
Adapun simulasi merupakan plan komputer yang mereproduksi fenomena alam melalui visualisasi dari sebuah model. Simulasi dapat membantu peserta didik dalam mempelajari model fenomena alam dalam dunia nyata yang memiliki perilaku sistem kompleks dan membantu peserta didik untuk memahami dunia konseptual dari ilmu pengetahuan melalui animasi, yang dapat meningkatkan pemahaman dari konsep ilmiah yang abstrak.

5. Peta Budaya

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar

Layanan fitur Peta Budaya diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan guru di sekolah maupun masyarakat yang ingin mengetahui keanekaragaman budaya Indonesia. Materi yang terdapat pada fitur Peta Budaya dapat dimanfaatkan di semua jenjang pendidikan, di mana cara dan strategi peyampaian ataupun pemanfaatan yang akan mungkin berbeda-beda bergantung pada kreativitas guru. Layanan ini akan memberikan alternatif media pembelajaran tentang kebudayaan Republic of Indonesia yang sesuai dengan tuntutan perkembangan TIK.
Peta Budaya memiliki fungsi yang strategis dalam pembelajaran, yakni (1) meningkatkan produktivitas pembelajaran tentang kebudayaan, (2) memberikan kemungkinan pembelajajaran yang bersifat mandiri, (3) memberikan dasar yang lebih ilmiah dan menarik terhadap pembelajaran kebudayaan, dan (5) meningkatkan nasionalisme serta kecintaan terhadap keanekaragaman budaya dan berperan aktif dalam melestarikannya.

6. Wahana Jelajah Angkasa

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar

Fitur Wahana Jelajah Angkasa adalah tur virtual dengan medan utama luar angkasa. Fitur ini memanfaatkan plan Worldwide Telescope (WWT) dengan bahasa pengoperasian utamanya disajikan dalam bahasa Inggris. Penggunaannya mudah dan praktis. Pada tampilan awal fitur, pengguna akan ditawarkan pilihan untuk mengikuti langkah-langkah tutorial yang sangat jelas dan terperinci mengenai fungsi dan makna dari setiap carte du jour dan konten yang tersedia pada fitur ini. Tampilan yang menarik dan dinamis menjadikan pengalaman tur virtual ini seolah nyata dan dekat. Kegiatan tur virtual ini dilakukan secara real-time, artinya tampilan objek angkasa yang sedang diamati oleh pengguna adalah tampilan yang diambil pada saat yang sama.

7. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar

Fitur PKB dikembangkan sebagai wadah bagi penyelenggara diklat untuk memberikan layanan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dalam bentuk diklat secara online. Diklat online ini diharapkan dapat mengatasi keterbatasan anggaran yang dimiliki instansi penyelenggara diklat untuk meningkatkan kualitas SDM-nya. Melalui fitur ini penyelenggara diklat dapat membuka kelas-kelas diklat, baik teknis maupun not teknis, dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

8. Kelas Maya

 Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  √  Portal Pembelajaran Rumah Belajar


Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online antara peserta didik dengan guru kapan saja dan di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh guru, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui tool komunikasi berupa chat, video conference, well conference, desktop sharing, atau whiteboard.

Referensi
Pustekom Kemendikbud (2018). Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar “Strategi Pembelajaran Berbasis TIK Memanfaatkan Rumah Belajar”. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber https://www.tintapendidikanindonesia.com/

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter