Programme for International Students Assessment (PISA)
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
Programme for International Student Assessment (PISA) adalah tes standar global untuk anak usia xv tahun di negara-negara Organisation for Economic Co-operation as well as Development (OCDE) dan non-OCDE, yang diambil untuk mengevaluasi kinerja akademik negara-negara tersebut. Dengan menggunakan tes yang paling terkini diikuti lebih dari 500.000 siswa dari 79 negara ini bertujuan untuk memberikan negara information komparatif untuk meningkatkan kebijakan pendidikan mereka.
Penilaian berlangsung setiap tiga tahun, mencoba mencari tahu apakah siswa dapat menerapkan apa yang mereka pelajari di sekolah untuk situasi kehidupan nyata. Adapun mata pelajaran yang dibahas, antara lain sains, matematika, dan membaca. Tes PISA sendiri telah berjalan dari mulai tahun 2000, 2003, 2006, 2009, 2012, 2015, dan 2018.
Di dalam melakukan tes ini, setiap negara harus mengikuti prosedur operasi standar yang telah ditetapkan, seperti pelaksanaan uji coba dan survei, penggunaan tes dan angket, penentuan populasi dan sampel, pengelolaan dan analisis data, dan pengendalian mutu. Desain dan implementasi studi PISA berada dalam tanggung jawab konsorsium internasional yang beranggotakan the Australian Council for Educational Research (ACER), the Netherland National Institute for Educational Measurement, the National Institute for Educational Policy Research inwards Japan, dan WESTAT United States.
Tujuan PISA adalah untuk mengukur prestasi literasi membaca, matematika, dan sains bagi siswa usia xv tahun. Dasar penilaian prestasi literasi membaca, matematika, dan sains dalam PISA memuat pengetahuan yang terdapat dalam kurikulum dan pengetahuan yang bersifat lintas kurikulum.
Tes PISA dikerjakan dengan durasi ii jam dan memiliki standar rata-rata internasional skor 500. Adapun Masing-masing aspek literasi yang diukur adalah, sebagai berikut:
1. Membaca, yakni memahami, menggunakan, dan merefleksikan dalam bentuk tulisan.
2. Matematika, yakni mengidentifikasi dan memahami serta menggunakan dasar-dasar matematika yang diperlukan seseorang dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.
3. Sains, yakni menggunakan pengetahuan dan mengidentifikasi masalah untuk memahami fakta-fakta dan membuat keputusan tentang alam serta perubahan yang terjadi pada lingkungan.
PISA berorientasi pada kebijakan desain dan metode penilaian dan pelaporan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara peserta PISA agar dapat dengan mudah ditarik perbaikan tentang kebijakan yang telah dibuat oleh negara peserta melalui perbandingan information yang disediakan.
PISA menggunakan pendekatan literasi yang inovatif, suatu konsep belajar yang berkaitan dengan kapasitas para siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran kunci disertai dengan kemampuan untuk menelaah, memberi alasan dan mengomunikasikannya secara efektif, serta memecahkan dan menginterpretasikan permasalahan dalam berbagai situasi.
Konsep belajar dalam PISA berhubungan dengan konsep belajar sepanjang hayat, yaitu konsep belajar yang tidak membatasi pada penilaian kompetensi siswa sesuai dengan kurikulum dan konsep lintas kurikulum, melainkan juga motivasi belajar, konsep diri mereka sendiri, dan strategi belajar yang diterapkan.
Pelaksanaan penilaian dalam PISA teratur dalam rentangan waktu tertentu yang memungkinkan negara-negara peserta untuk memonitor kemajuan mereka sesuai dengan tujuan belajar yang telah ditetapkan.
Adapun hasil tes PISA untuk negara Republic of Indonesia dapat dilihat pada tabel berikut:
Tahun | Materi yang diujikan | Skor rata-rata | Peringkat Indonesia | Jumlah negara partisipan |
2000 | Membaca Matematika Sains | 371 367 393 | 39 39 38 | 41 |
2003 | Membaca Matematika Sains | 382 360 395 | 39 38 38 | 40 |
2006 | Membaca Matematika Sains | 393 396 393 | 48 50 50 | 56 |
2009 | Membaca Matematika Sains | 402 371 383 | 57 61 60 | 65 |
2012 | Membaca Matematika Sains | 396 375 382 | 62 64 64 | 65 |
2015 | Membaca Matematika Sains | 397 386 403 | 61 63 62 | 69 |
2018 | Membaca Matematika Sains | 371 379 396 | 74 73 62 | 79 |
Post a Comment
Post a Comment