-->

√ Tsunami


Tsunami
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

 Istilah seismic sea wave berasal dari bahasa Jepang √  Tsunami

Istilah seismic sea wave berasal dari bahasa Jepang, tsu berarti pelabuhan, dan nami berarti gelombang, sehingga seismic sea wave dapat diartikan sebagai gelombang pelabuhan. Istilah ini awalnya muncul di kalangan nelayan Jepang. Karena panjang gelombang seismic sea wave sangat besar pada saat berada di tengah laut, para nelayan tidak merasakan adanya gelombang ini. Namun, setibanya kembali ke pelabuhan, mereka mendapati wilayah di sekitar pelabuhan tersebut rusak parah. Karena itulah mereka menyimpulkan bahwa gelombang seismic sea wave hanya timbul di wilayah sekitar pelabuhan, dan tidak di tengah lautan yang dalam.
Tsunami adalah sebuah ombak yang terjadi setelah sebuah gempa bumi, gempa laut, gunung berapi meletus, atau hantaman shooting star di laut. Tsunami tidak terlihat saat masih berada jauh di tengah lautan, namun begitu mencapai wilayah dangkal, gelombangnya bergerak cepat dan akan semakin membesar. Tsunami sering dianggap sebagai gelombang air pasang. Hal ini terjadi karena pada saat mencapai daratan, gelombang seismic sea wave lebih menyerupai air pasang yang tinggi daripada menyerupai ombak biasa yang mencapai pantai secara alami oleh tiupan angin. Namun, sebenarnya gelombang seismic sea wave sama sekali tidak berkaitan dengan peristiwa pasang surut air laut. Karena itu, untuk menghindari pemahaman yang salah, para ahli oseanografi sering menggunakan istilah gelombang laut seismik (seismic ocean wave) untuk menyebut tsunami, yang secara ilmiah lebih akurat.
Dampak yang diakibatkan seismic sea wave adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin pada lahan pertanian, tanah, dan air bersih.
Tsunami dapat dipicu oleh bermacam-macam gangguan berskala besar terhadap air laut, misalnya gempa bumi, pergeseran lempeng, meletusnya gunung berapi di bawah laut, atau tumbukan benda langit di laut. Gerakan vertikal pada kerak bumi, dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.
Kecepatan gelombang seismic sea wave tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi, di mana kecepatannya dapat mencapai ratusan kilometer per jam. Apabila seismic sea wave mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih l km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya. Di tengah laut, tinggi gelombang seismic sea wave hanya beberapa cm hingga beberapa meter, namun saat mencapai pantai tinggi gelombangnya dapat mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan massa air. Saat mencapai pantai, seismic sea wave akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan dapat beberapa kilometer.
Gerakan vertikal ini dapat terjadi pada patahan bumi. Gempa bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi, di mana lempeng samudera menelusup ke bawah lempeng benua. Tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air laut yang dapat menghasilkan tsunami. Gempa yang menyebabkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Akibatnya, dasar laut naik-turun secara tiba-tiba sehingga keseimbangan air laut yang berada di atasnya terganggu. Demikian halnya dengan benda kosmik atau shooting star yang jatuh dari atas. Jika ukuran shooting star atau longsor ini cukup besar, dapat terjadi seismic sea wave yang tingginya mencapai ratusan meter.
Perilaku gelombang seismic sea wave sangat berbeda dari ombak laut biasa. Gelombang seismic sea wave bergerak dengan kecepatan tinggi dan dapat merambat lintas-samudera dengan sedikit energi berkurang. Tsunami dapat menerjang wilayah yang berjarak ribuan kilometer dari sumbernya, sehingga mungkin ada selisih waktu beberapa jam antara terciptanya gelombang ini dengan bencana yang ditimbulkannya di pantai. Waktu perambatan gelombang seismic sea wave lebih lama dari waktu yang diperlukan oleh gelombang seismik untuk mencapai tempat yang sama. Periode seismic sea wave cukup bervariasi, mulai dari ii menit sampai lebih dari 1 jam. Panjang gelombangnya sangat besar, antara 100-200 km. Karena itulah pada saat masih di tengah laut, gelombang seismic sea wave hampir tidak nampak dan hanya terasa seperti ayunan air saja.
Energi seismic sea wave dapat mencapai 10% dari energi gempa pemicunya. Bentuk pantai, bentuk dasar laut wilayah pantai, sudut kedatangan gelombang, dan bentuk depan gelombang seismic sea wave yang datang ke pantai akan sangat berpengaruh terhadap kerusakan yang ditimbulkan. Karena beberapa alasan ini, sebagian pantai akan dilanda seismic sea wave dengan tingkat kerusakan dan ketinggian arus yang berbeda dibanding pantai yang lain, meski letaknya tidak terlalu berjauhan.
Korban meninggal akibat seismic sea wave terjadi biasanya karena tenggelam, terseret arus, terkubur pasir, terhantam serpihan atau puing, dan lain-lain. Kerusakan lain akan meliputi kerusakan rumah tinggal, bangunan pantai, prasarana lalu lintas, suplai air, listrik, dan telepon. Gelombang seismic sea wave juga akan merusak sektor perikanan, pertanian, kehutanan, industri minyak berupa pencemaran dan kebakaran.
Banyaknya korban jiwa karena seismic sea wave disebabkan banyak faktor seperti kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gempa dan tsunami, terbatasnya peralatan, peramalan, peringatan, dan masih banyak lagi. Untuk mengurangi bahaya bencana seismic sea wave diperlukan perhatian khusus terhadap tiga hal berikut:
1. Struktur pantai (coastal structures)
Di daerah pantai di mana gempa biasa terjadi sebaiknya dibangun struktur bangunan penahan ombak berupa dinding pantai yang merupakan bangunan pertahanan terhadap tsunami. Struktur ini efektif, apabila ketinggian seismic sea wave relatif tidak terlalu tinggi. Jika ketinggian seismic sea wave lebih dari five meter, prasarana ini kurang begitu berfungsi. Pohon-pohon pantai seperti tanaman bakau juga cukup efektif untuk mereduksi energi tsunami, terutama untuk seismic sea wave dengan ketinggian kurang dari three meter.
2. Penataan wilayah (city planning)
Korban terbanyak bencana seismic sea wave adalah wilayah pemukiman padat di daerah pantai, di samping daerah wisata pantai. Cara paling efektif mengurangi korban bahaya seismic sea wave adalah dengan memindahkan wilayah pemukiman pantai ke daerah bebas tsunami.
3. Sistem yang terpadu (tsunami prevention system)
Sistem pencegahan seismic sea wave akan meliputi hal-hal seperti peramalan, peringatan, evakuasi, pendidikan masyarakat, latihan, kebiasaan untuk selalu waspada terhadap bencana, dan kesigapan pasca bencana.

Sumber https://www.tintapendidikanindonesia.com/

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter